top of page
  • Writer's pictureCitraLand Surabaya

Waste Management



Pengambilan sampah di rumah warga rutin dilakukan pagi dan sore, sedangkan sampah di ruas jalan diambil setiap saat. Karena itu,  jika ada sampah yang berserakan di jalan maupun tempat publik, petugas kebersihan segera bergerak untuk melakukan pembersihan.

Volume sampah CitraLand mencapai 60 kubik per hari, hal ini disebabkan tingkat hunian yang semakin tinggi, namun CM memiliki waste mangement yang baik sehingga sampah itu tidak ikut menyumbang volume sampah di Lokasi Pembuangan Akhir (LPA) kota Surabaya.

CM mengelolah LPA seluas 2.000 meter. Letaknya agak jauh dari kawasan permukiman. Sampah yang sudah dipilah di rumah akan dipilah lagi di LPA sebelum dibakar.

Untuk pembakaran digunakan teknologi terbaru yaitu Gomigui. Alat yang mempunyai arti ”pemakan sampah” itu dapat mengolah plastik, karet, sampah rumah tangga, sampah taman dan lainnya kecuali logam dan kaca. Hasil dari proses tersebut berupa ampas abu yang dapat dijadikan kompos dan cairannya berupa tar sebagai bahan campuran cat. Gomigui ramah lingkungan karena tidak berisik, tidak ada polusi dan tidak ada gas Karbon ( bau ).

49 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page